Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketika Facebook Mempengaruhi Hidupmu Maka Ini Yang Akan Terjadi

Siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook ? Hampir semua orang sudah mengenal facebook. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna facebook sudah mencapai angka 10 juta lebih dan negara yang menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan pengakses facebook terbanyak , jumlah tersebut pastinya akan bertambah kedepannya.

Dengan jumlah pengguna mencapai 2 miliar di seluruh dunia, dikala ini facebook menjadi media umum yang paling populer. 

Ketika Facebook Mempengaruhi Hidupmu Maka Ini Yang Akan Terjadi

Dengan kepopuleran facebook tersebut apakah ada dampak yang kita rasakan bagi kehidupan insan ? Apakah lebih buruk atau lebih baik ?

Saya yakin pasti ada berbagai dampak yang kita dapatkan bagi kehidupan kita yang sering menggunakan facebook , baik itu dari hal  yang positif maupun dari hal yang negatif.

hal positif yang kita dapatkan dari menggunakan facebook ialah kita dapat berkomunikasi dengan orang - orang yang jauh , dapat bertemu dengan sahabat lama , bisa sebagai daerah berdakwa dan bisa sebagai daerah untuk berjualan.

Selain itu tanpa kita sadari bahwa ada berbagai hal negatif yang kita peroleh bagi kehidupan insan yang cenderung menggunakan facebook. dan dampak ini dapat kita lihat dari orang - orang terdekat mulai dari keluarga sampai sahabat - sahabat terdekat.

Lalu.. hal negatif apa saja yang akan kita peroleh dari menggunakan facebook ini ?

1. Tidak Perduli Dengan Orang Terdekat


Keseringan menggunakan facebook , kepedulian terhadap orang terdekat akan semakin berkurang. orang yang sudah kecanduan dengan facebook mereka akan menjadi orang yang masbodoh dan tidak perduli dengan orang didekatnya.

Kalian pasti sering melihat temen - temen bahkan saudara yang sedang sibuk sendiri like dan mengomentari status orang lain di facebook sehingga ia tidak memperdulikan orang didekatnya.

2. Membuang Waktu Berharga


Kerugian yang kita dapatkan dari menggunakan facebook berlebihan ialah membuang waktu berharga dengan sia - sia. Orang yang sudah kecanduan facebook mereka akan berlama - lama dengan facebook tanpa maksud dan tujuan yang jelas.

Waktu yang seharusnya digunakan untuk hal - hal yang bermanfaat dan produktif , malah di habiskan untuk sekedar update status , like , komen dan stalking facebook orang lain.

Daripada menggunakan facebook hanya untuk membaca status , like dan komen orang lain mendingan digunakan untuk melaksanakan hal - hal yang bermanfaat ibarat berdakwah dan berbuat baik.

3. Menjadikan Orang Yang Suka Pamer


Sudah bukan diam-diam lagi kalau facebook ialah daerah untuk pamer , dikala kita membuka facebook apa yang kita lihat pertama kali , yang kita lihat ialah postingan - postingan yang memamerkan segala aspek kehidupan di facebook.

Setiap mereka habis melaksanakan sesuatu pasti tidak lupa di posting di facebook. Sifat ini muncul alasannya ialah mereka ingin menerima legalisasi dari sahabat - sahabat facebook lainnya.

4. Memicu Pertengkaran


Jika kita lihat di informasi - informasi hari ini banyak orang yang bertengkar hanya alasannya ialah facebook. Postingan - postingan yang tidak mengenakkan apalagi memicu kepada unsur SARA akan membuat kekerabatan antar suku dan saudara menjadi tidak karuan.

Hal - hal ibarat ini yang seharusnya kita hindari , sebaiknya kita gunakan media umum facebook sebagai daerah untuk besilaturahim bukan sebagai media untuk mencaci maki suatu tokoh atau suku agar negara ini harmonis dan seimbang.

5. Menurunnya Sosialias


Ketika pengguna facebook sudah mulai kecanduan , mereka menjadi malas bersosialisasi di dunia nyata. Akibatnya kemampuan berkomunikasi mereka menjadi berkurang.

Hal ibarat ini cukup mengkhawatirkan, khususnya bagi pengguna facebook anak - anak dan remaja. waktu yang seharusnya dipakai untuk berguru sosialisasi dengan lingkungan justru lebih banyak dihabiskan dengan sahabat - sahabat facebook mereka yang biasanya hanya membahas hal yang tidak penting.

Bagi orang renta sebaiknya harus bisa lebih menjaga anak - anaknya agar hal tersebut dapat di hindari.

6. Menjadi Pemalas


Ketika sudah kecanduang dengan facebook mereka akan menjadi seorang pemalas dan tidak sempurna waktu alasannya ialah akan lebih sibuk dengan dunia maya. Hal ibarat ini membuat khawatir bagi kehidupannya di masa depan alasannya ialah sifat malas akan merugikan diri sendiri.

Dan biasanya mereka juga tidak bisa sempurna waktu.

Lalu Apa Yang Harus Kita Lakukan ?


Facebook merupakan layanan media umum , dan facebook sesungguhnya tidaklah buruk itu tergantung diri kita masing - masing bagaimana menggunakan facebook. jikalau kita menggunakan facebook dengan baik maka semua itu dapat di cegah dan jangan menggunakan facebook secara berlebihan alasannya ialah itu dapat membahayakan kehidupan kita selanjutnya.

Bagi orang renta sebaiknya jaga anak - anaknya dari penggunaan facebook dan media umum lainnya , jangan kenalkan mereka kepada sosial media ketika masih belum waktunya. Orang renta harus tahu dampak baik buruknya menggunakan media umum terutama bagi anak - anak agar di kehidupan kedepannya lebih baik dan lebih produktif.

# Semua itu tergantung diri kita sendiri , jikalau kita dapat memanfaatkannya dengan baik maka kebaikan pula yang kita dapatkan.

# Kita harus lebih bijak menggunakan sosial media agar kita terhindar dari sifat buruk

# Kalau kita bisa memanfaatkan media umum dengan sebaik - baiknya maka kebaikan pula yang akan kita dapatkan